Ke Jerman melalui program Aupair!

Hallo semuanya! kenalkan nama saya Wiwin! Saya ingin sekali berbagi cerita tentang pengalaman saya pada saat mengurus berkas untuk bisa menginjakan kaki di negara jantungnya eropa, Deutschland, sampai akhirnya bisa melihat secara langsung kultur yang sangat luar biasa berbeda dengan NKRI. 

so, pertama saya ingin memperkenalkan program yang saya pilih untuk bisa menuju negara ini, yaitu Aupair.
Aupairprogram untuk saya pribadi adalah program untuk mempersiapkan mental saya, sejauh mana saya bisa bertahan dengan semua perbedaan yang saya alami. ada beberapa rekan yang siap jasmani dan rohani mengikuti program ini, tapi ya itu tadi karena tidak kuat dengan semua perbedaan yang negara ini tunjukan, mereka lebih memilih mundur dan kembali ke negara ibu pertiwi. Banyak hal yang saya pelajari melalui program ini, contohnya menggunakan alat rumah tangga yang serba canggih yang belum pernah saya temui di indonesia, bahasa pun benar benar diasah habis-habisan disini, dan tentunya masih banyak lagi. Tapi tentu saja, ada saja orang yang memandang program ini sebelah mata, mereka bilang kerjaan aupair itu hanya bersih-bersih dan jagain anak, ya bisa dibilang bahasa kasarnya pembantu cuma yang bikin sedikit keren tuh yah titel luar negerinya itu loh. Biarkan orang berkata apa, yang penting niat dan tujuan kita baik, insyaallah ditunjukan jalan yang baik juga.

Sebenarnya jika dilihat dari istilah asalnya, aupair itu orang yang pergi dari negaranya ke negara lain untuk mempelajari budaya dan bahasa negara yang dia tuju, saya ambil contoh negara jerman yah, jadi si Aupair (Mayoritas yang melakukan program ini perempuan tapi tidak menutup kemungkinan untuk lak-laki juga bisa, karena saya sudah banyak berkenalan secara langsung junge di tempat kursus.) tinggal seatap dengan keluarga jerman, bagaimana cara mencari keluarganya?? (saya dulu menggunakan website terpercaya gitu, namanya aupairworld.com bisa dibuka dan dicaritahu sendiri apa isinya). Nah si keluarga yang kita tinggali memberikan banyak kesempatan untuk mempelajari bahasa yang kita ingin kuasai, contohnya saya ingin bisa jerman so saya dikursuskan tentunya dibayarkan kursus bahasa jerman, dan lingkungannya juga sangat mendukung untuk cepat belajar bahasa jerman. itu dalam segi bahasa, dalam hal yang lain contohnya kita diberi tempat tinggal gratis, kita tidak perlu bayar, bahkan ada keluarga yang benar-benar membayar penuh atau menanggung kebutuhan hidup kita disini, membelikan tiket dari indo ke jerman, membayarkan asuransi, plus nya tuh kita diberi uang saku pula, tapi tentu ada syaratnya dong, tidak hanya mau enaknya terus, so apa sih syaratnya?
1. Keluarga yang mencari aupair pasti mempunyai anak, dan tugas utama kita tuh mengurus dan menjaga anaknya,untuk saya sih itu asik, saya banyak sekali belajar cara menghadapi anak-anak, bagaimana mengontrol kesabaran, bahkan saya belajar banyak pula bahasa baru dari anak yang saya asuh.
2. Kita tuh istilahnya sudah diberi fasilitas yang luxus, di rumah sendiri pastinya kita disuruh oleh orang tua untuk bersih-bersih. so, saya rasa itu sangat biasa dan normal kalo saya disini disuruh bersih-bersih, cuci baju, cuci piring, membersihkan lantai, dan lain lain. Di rumah saya lakukan itu benar-benar harus menggunakan kekuatan tangan sendiri, tapi kalau disini itu serba otomatis jadi sangat easy menurut saya kalo dibandingin pekerjaan rumah di indonesia. 
3. Bahasa yang digunakan di negara yang kita tinggali contohnya saya bahasa jerman, harus ada peningkatan, karena itu salah satu kunci menghilangkan salah paham antara aupairmädchen atau junge dan keluarga. 

Banyak sekali orang yang merasa program ini bagus, pastinya ada juga yang mengalami hal buruk dari program ini, contohnya dipekerjakan melebihi jam kerja yang tertera pada kontrak, mengerjakan pekerjaan yang berat yang tidak sesuai dengan kontrak, dan lain sebagainya, dan alhamdulillah saya mendapatkan keluarga yang sangat baik oleh karena itu saya juga selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik setiap harinya. 

banyak sekali hal yang saya ingin bagikan dan ceritakan, saya lanjut di season 2 minggu depan yah! 


selalu semangat, schönen Tag noch!

Komentar

Postingan populer dari blog ini